PERTANIAN PADI

Info seputar pertanian padi
---------------------------------------------------------------------------------------------
TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.

Hubungi Kami
Untuk pemesanan produk karung plastik hubungi kami:
♦ SMS/Call/WA: 0852 3392 5564 - 081 2325 84950 - 0877 0282 1277
♦ Phone: 031-8830487
♦ Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Tanaman Padi

Cara Budidaya Tanaman Padi - Hallo sahabat Pertanian Padi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Budidaya Tanaman Padi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Tanaman Padi, Artikel Cara Bertanam Padi, Artikel cara bertani, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Budidaya Tanaman Padi
link : Cara Budidaya Tanaman Padi

Baca juga


Cara Budidaya Tanaman Padi

                                                               Budidaya Tanam Padi

Cara Budidaya Tanam Padi - Sebagai warga Negara Indonesia kita tau bahwa sebagian besar penduduk  bahan makanan pokok adalah beras, krena konsumsi utama adalah nasi dikarenakan mengandung karbohidrat yang tinggi.Dari kebutuhan tersebut penduduk Indonesia sangatlah banyak peteni petani yang burcocok tanam padi, demi menghasilkan beras utuk kebutuhan pangan sehari hari. Selain untuk kebutuha harian bagi orang yang mempunyai lahan yang cukup lumayan besar tanam padi sangat menjadi andalan dan menjanjikan, di karenakan hasil panen dapat dipastikan apalagi bila dapat harga beras yang baik.

 Walaupun kadang petani didesa di pandang nggak seberapa penting nya, namun sebenarnya petani desa sangatlah menjadi peran peting dalam sumber  dari kebutuhan bahan pokok se indonesia. Namun sayang, penerus  generasi petani semakin lama semakin berkurang. Gnerasi muda sekarang lebih memilih kekota utuk menjadi kuli, di desa sekarang hanya tinggal beberapa% saja yang mau jadi petani.
Sebenarnya  petani itu lebih hidup tentram daripada buruh kuli pekeja kantoran, karena apabila kita benar sungguh sungguh dalam bertani pasti kebutuhan sehari hari tercukupi. Tanam padi di desa sangatlah di utamakan, paling tidak jangka 1[satu]tahun bias tanam padi 2 kali, antara bulan oktober sampai bulan maret.

Cara pokok  dalam budidaya tanam padi:
1-Pemilihan bibit unggul
2-Penyemaian benih padi
3-Pengolahan tanah
4-Pemupuan awal/dasar
5-Penanaman
6-Perawatan
7-Pemupuan tambahan
8-Pengendalian hama
9-Panen

1. Pemilihan Bibit Unggul
Di tiap-tiap daerah masing masing sangatlah banyak varietas atau jenis padi salahsatu contoh; cihera,64, bramo, pp,raja lele, inpari ,atau ketan. Yang rasa nasi setandar enak adalah 64.  Hasil padinya sangat sangat lah maksimal disbanding jenisnya.Sebenarnya sangatlah mudah untuk mendapatkan benih padi yang bagus kwalitasnya, yakni henya merendam benih padi yang benar benar kering ke dalam air se cukupnya. Setelah berapa jam buang yang benihnya terapung. Karena yang terapung adalah benih biji yang tidak penuh bahkan tidak ada isi. Atau lebih enaknya kita pilih benih dengan cara membeli di took /agen pertanian dengan catatan bersetifikat resmi.

 2. Penyemaian Benih Padi
Sebelum kita lakukan penyabaran binih padi yang perlu kita lakukan adalah:
Rendam bibit benih padi kedalam air selama 1hari satu malam’angkat dan tiriskan, diamkan  selama 2hari sampai benar benar beenih keliatan akar [kecambah]. Sementara  kita menunggu  binih menja kecambah kita gunakan waktu untuk membuat lahan penyebaran. Dengan cara membajak atau men cangkul dengan pengairan yang cukup. Sehinga lahan  menjadi benar benar ber lumpur.
        
Dari lahan untuk menyemai padi kita membutuhkan lahan 500m prsegi untuk per hektar buat budi daya tanam padi. Dari benih padi  per paket/ 1plastik 5kg ukuran toko bias di gunakan minimal 1000m persegi. Gunakan pupuk TSPdan orea secukunya untuk pupuk penyemaian sebelum kita sebar benih. Usahakan lahan tetap keadaan tergenangi air. Sampai waktu penyebaran  benih padi.
Setelah benih padi berkecambah kita sebar secaramerata di tempat penyemaian.
          
Penutupan penyemaian harus juga dilakukan  untuk menangulangi dari air hujan atau sinar matahari secara langsung. Tutup juga berfungsi untuk  membantu pertumbuhan akar agar tumbuhnya nanti tetap berseragam.Tutup yg biasanya dipakai yaitu terpal,jerami kering, atau abu bakaran jerami.
Biarkan sebaran benih kurang lebih 5 sampai 7 hari.
Dan buka apa bila benih padi sudah bener bener  sudah tumbuh semua. Haruslah tempat penyemaian tetap keadaan basah/ berair.

3. Pengolahan Tanah
Pengolahan tanah dilakukan dengan cara  system mesin atau manual, tanah harus dibajak sampai menjadi berlumpur seperti pada waktu penyemaian. Dibuat sampai bener bener rata, karna akan memper mudah untuk pengairan.

4. Pemupukan Awal (Dasaran)
Pemupukan awal dilakukan sebelum perpindahanatau penanaman  bibit padi. Dengan takaran per 1000m persegi OREA30kg ,NPK[Poska]20kg kita campur aduk. Sebar pupuk sampai bener merata supaya pertumbuhan tetap serentak. Perbandingan pemberian pupuk  [sebelumtanam &sesudah tanam]akan lebih baik yang sebelum tanam.

5. Penanaman
Penanaman padi dilakuka apabila umur penyemaian kurang lebih 15-20 hari. Posisi tanah tetap berlumpur sipaya tanamnya akan lebih mudah jarak tanam 18cm pesegi sampai 22cm persegi. Setiap satu tanam [tancep] 1-2 benih, hasilnya akan lebih maksimal dari pada yang banyak.

6. Perawatan
Pada budidaya tanam padi memang butuh perawatan yg lumayan
- Pengairan yang harus cukup
- Penyiangan rumput/ gulma
- Penyemprotan.

Budidaya tanam padi pengairan memang harus bener bener tercukupi supaya pertumbuhan padi maksimal. Begitu juga dengan penyiangan atau bias disebut merumput. Karena apabila rumput banyak akan mengurangi/memakan pupuk yang  kita sebar.tanam padi harus bersih dari rumput

7. Pemupukan Tambahan
Pemupukan tambahan dalakukan apabila umur tanam 25 hari -30 hari. Jangan sampai telat.Apa bila telat pemupuan tambahan maka mempengarihi waktu panen akan mundur juga

8. Pengendalian Hama
Hama yang terdapat pada tanaman padi tidak terlalu banyak biasanya hama wereng, belalang [walang sangit] cukup pemberian insektisida, jamur batang leher atau daun dapat kita gunakan fungisida. Kalau hama tikus kita gunakan rodensida dan lainya.

Masa Panen Padi
9. Panen
Pemanenan padi bisa menggunakan mesin otomatis seandanya lahan terlalu luas. Atau pakae mesin duduk tetapi harus pakai sabit dahulu atai yang manual lagi yakni dengan cara pakai batu atau kayu’ stelah padi terkumpul  di karung  apa bila ada waktu panas lebih baik langsung kita jemur, penjemuran gabah atau padi secara langsung dan kelamaan di karung akan mempengaruhi warna pd beras.




Demikianlah Artikel Cara Budidaya Tanaman Padi

Sekianlah artikel Cara Budidaya Tanaman Padi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Budidaya Tanaman Padi dengan alamat link https://pertanianpadi99.blogspot.com/2016/02/budidaya-tanam-padi.html

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Padi"

Posting Komentar