PERTANIAN PADI

Info seputar pertanian padi
---------------------------------------------------------------------------------------------
TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.

Hubungi Kami
Untuk pemesanan produk karung plastik hubungi kami:
♦ SMS/Call/WA: 0852 3392 5564 - 081 2325 84950 - 0877 0282 1277
♦ Phone: 031-8830487
♦ Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar

Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar - Hallo sahabat Pertanian Padi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Sayuran, Artikel Budidaya Terong, Artikel cara bertani, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar
link : Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar

Baca juga


Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar



                                                Budidaya tanam terong [solanum melonguna]

Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar - Budidaya tanam terong bias di bilang sangatlah mudah dan ringan dari seg ibiaya dan perawatanya. Budidaya tanaman ini tidaklah ada ketergantungan oleh musim. Tanaman terong bisa di budidayakan sepanjang tahun. Banyak jenis terong yang  sering dibudidayakan oleh pera petani antaranya, terong ungu, terong hijau, terung putih, terongglatik dan masih banyak jenis jenis terong yang lain
.
Terong juga sangat banyak manfaatnya diantaranya ; dapat mengontrol kadar gula pada tubuh kita, karena terongs sangat kaya akan serat dan kabohidrat yang rendah. Membantu pencernaan, menurunkan berat badan,mensetabilkan tekanan darah, dan masih banyak lagi dari man faat dari terong.
Budidaya tanam terong yang hasilnya bisa maksimal adalah pada musim kemarau. Karena kalau tanam dimusim peng hujan akan mudah terserang penyakit busuk akar, dan identik dengan subur daun. Tanam terong hamper sama dengan penanaman cabai, yang membedakan adalah masa panen yang lebih cepat.

Cara Budidaya Tanaman Terong 
1. Penyemaiyan
Dilakukan sebelum penanaman  pada lahan  yang sudah tersediakan. Sebelum penyemaian harus kita buat lahannya dengan mengemburkan tanah dengan mencangkul sedalam 20cm sapai bener rata. Buatlah 1 bedeng berukuran lebar 1m panjang menyesuikan penebaran benih tinggi 20cm. Pemberian pupuk kandang secukup nya dan campur di bedengan ratakan dansiram bedengan sapai betul betul basah sampaidalam tanah. Karena dalam penyemaian biji terong membutuhkan tanah yang lembab agar benih/biji cepat tumbuh
Gaaris garis bedengan sedalam 1cm berilah jarak dari garis satu ke yang lain 20cm. Tabur biji pada garis-garis tersebut secukupnya, jangan terlalu banyak. Karena penyebaran yang jarang jarang bibit akan lebih kuat pada waktu perpindahan.

2. Pengolahan tanah;
 Dilakukakan dengan cara pembajakan dengan mesin atau dengan cara manual. Tanah dibajak atau dicangkul sedalam 25cm kurang lebihnya. Cara ini dilakukan untuk tanah menjadi gembur kembali dan baik untuk perkembangan tanaman. Setelah perlakuan pencangkulan buatlah menjadi beberapa bedenngan setiap bedengan ber ukuran lebar 1meter atau maksimal 120cm panjangnya mengikuti petak lahan. Dengan ketinggian minimal 40 cm. Disisi bedengan akan terbentuk got panjang yang berfungsi sebagai prresapan saat kelebihan air, atau bisa juga untuk sarana pengairan. Dan bias digunakan sebagai sarana jalan untuk perawatan atau panen.

3. Pemupukan kompos organic dan pengapuran;
Pemupukan organic atau kompos dilakukansupaya tanah tidak cepat padat dan bisa memperbaki unsure tanah. 1 hektarnya di perlukan 1 hingga 2 ton pupuk kandang, degan cara ditabur atau sebar keseluruh bedengan sampai rata, kemudian aduk tanah agar puuk kompas bisa bercampur tanah secara merata.
Budidaya tanam terong yang baik adalah unsur tanah ber PH 5-6. Untuk mencapai PH 5-6 tersebut gunakanlah dolomite atau kapur mati. Usahakan pengapuran dilakukan 2 minggu sebelum tanam atau perpindahan bibit kebedengan. Dengan penyebaran dolomite keasaman tanah menjadi setabil atau maksimal.

4. Perpindahan bibit atau pananaman;
Sebelum penanaman bibit terong bedengan harus disiram atau di genangi air agar benar benar basah sampai kedalam tanah. Penanaman usahakan pada waktu sore, karena kalau ditanam waktu sore tanaman terong tidak akan layu dan tidak terlalu panas terkena sengatan matahari.
Sebelum tanam kita cabut bibit yang sudah berumur 20-25 hari. Tanam bibit terong secara berbaris, satu bedeng diisi 2baris secara menyilang . Jarak tanam terong atara 50cm-70cm supaya sinar matahari bisa masuk disemua bagian.

5. Perawatan;
Budidaya tanam terong sebelum sampai puncak pertumbuhanya harus sering sering disiram, karenatanaman terong tidak tahan dengan kekeringan. Cabut rumput atau gulma apabila sudah mulai tumbuh karena akan mengganggu pertumbuhan tanaman terong.

Penyemprotan juga  dilakukan apabila sudah ada gajala gejala terserangnya hama. Seprti kumbang daun ,tugau,uiat tanah, ulat grayak,trip dan lain lain, penyemprotan untuk menanggulangi firus atau jamur pada tumbuhan. Penyemprotan menggunakan obat insektisida ,fungisida. Penyemprotan dilakukan secara rutin apabila sudah diambang kritis.

6. Pengajiran
Pengajiran dilakukan sejak dini karena pertumbuhan akar belum meluas karena apabila pengajiran telat akar akan terluka. Minimal pemasangan ajir  berusia 2atau 3minggu. Jarak pemasangan minimal 5cm dari tanaman. Ikat tanaman pada ajir memakai tali raffia. Pengajiran samgatlah penting dalam budidaya tanam terong karena tanaman tersebut bias berkembang tinggi dan maksimal.

7. Panen
Budidaya terong akan memulai panen berusia minimal 60 atau 70 hari dari masa tanam nya. Pemetika terong dilakukan 3atau4 hari sekali. Pemetikan terong agar tidakcepat layu sebaiknya di lakukan pada pagi atau sore hari. Dalam masapanen satu tanam terong bisa mencapai 15 kali atau lebih apabila pertumbuhan tanaman maksimal dan baik.


Demikianlah Artikel Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar

Sekianlah artikel Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar dengan alamat link https://pertanianpadi99.blogspot.com/2016/02/budidaya-tanam-terong.html

0 Response to "Budidaya Tanaman Sayuran Terong Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar