PERTANIAN PADI

Info seputar pertanian padi
---------------------------------------------------------------------------------------------
TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.

Hubungi Kami
Untuk pemesanan produk karung plastik hubungi kami:
♦ SMS/Call/WA: 0852 3392 5564 - 081 2325 84950 - 0877 0282 1277
♦ Phone: 031-8830487
♦ Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Tanam Jagung

Budidaya Tanam Jagung - Hallo sahabat Pertanian Padi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidaya Tanam Jagung, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara bertani, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidaya Tanam Jagung
link : Budidaya Tanam Jagung

Baca juga


Budidaya Tanam Jagung



Budidaya tanam jagung
Budi daya tanam jagung tidak lah sulit seprti tanaman yanglain. Dari perawatan dan penanaman sangat mudah, hama dan musuh alami tidaklah terlalu banyak. Tanaman jagung tergolong tanaman yang kebal dan kuwat. Selain utu tanaman jagung bisadi tanam diberbagai dataran , dari dataran rendah maupun dataran tinggi / penggunungan pun bisa. Bahkan didarah pegunungan sering tanam saat mulai musim hujan.
Sagat banyak macam jenis jagung yag terdapat dipertanian; jagung putih local, jagung manis dan jagung hibrida.  Biasanya para petani lebih suka tanam jagung  jenis  hibrida, dikarenakan hasil nya yang bisa di banggakan terlebih jenis jagung hibrida batang nya kuat tidak mudah rebah. Jagung hibrida hasilnya lebih maksimal 1banding1,5 dari jagung putih local.
Dari hasil budidaya tanam jagung sangat banyak gunanya; bisa dijadikan makanan ringan,jadi tepung buat roti, campuran pembuatan kopi bubuk, sari gula, campuran makanan ternak/ konsentrat bahkan juga bisa di jadikan penganti nasi dan masih banyak kegunaan yang lain.
Jagung terdapat banyak kandungan nutrisi diantaranya: vitamin B dan C,yat besi magnesium, fosfor, kalium, omega 6 dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Mengkunsumsi  makanan  terbuat dari jagung sangatlah baik untuk kesehatan.
Budidaya tanam jagung alangkah baiknya diawal menjelang musim kemarau. Karena tanaman jagung membutuhkan pengairan dan sinar matahari yang cukup.

-Cara mudah budidaya tanam jagung ada beberapa tahap pelaksanaanya;
             -1Unsur hara tanah yang paling baik untuk  budidaya tanam jagung ber PH 5,5-7,5 tingkat keasaman. Penanaman jagung tidak terlalu rumit dalam pengolahan tanahya, yang paling penting tanah posisi gembur dan rata agar memper mudah untuk pengairan, dengan cara membajak dengan mesin bajak atau traktor
             -2Posisi penanaman tanah di haruskan lembab tetapi jangan terlalu basah.  Penanaman dilakukan secara berbaris ukuran diantara 70x 20 jalan dengan lubang sedalam 3cm-5cm. setiap lubanng di isi1 atau 2 biji saja setelah itu tutup biji pada lubang dengan tanah agar cepat dalam pembentukan kecambah dan terhindar dari pemakanan semut.
            -3 Pemupukan dilakukan sejak tanaman brusia  2minggu setelah tanam sampai pembentukan biji . Pemupuka awal  untuk msekedar memacu pertumbuhan tanaman yang masih kecil dengan cara cur/ kocor,kita gunakan pupuk nitrogen [N] takaran 3on utuk 1 ember 20 literan. Larutkan pupuk dengan air dalam ember , pengocoran harus ekstra hati hati jangan sampai ter kena daun. Apabila terkena daun akan luka seperti terbakar dan akan menghambat pertumbuhan.
Pemupuan seperti ini dilakukan seminggu sekali secara rutin. Apabila tanaman sudah setinggi lutut kitaberi pupuk tambahan yakni pupuk N P K sampai pembentukan biji apabila pemupukan kurang cukup akan mmpengarihi besar kicilnyapembetukan biji.
           -4 Peerawatan meliputi  penyiangan gulma ,penyulaman, pembubuhan/ripu, pengairan/irigasi .
   -Penyiangan harus dilakukan apabila gulma atau rumput sudah mulai tumbuh, karena apabila telat dalam penyiangan rumput akan mengganggu pertumbuhan, karena apabila tanaman jagung sudahkita pupuk otomatis rumput akan ikut makan sari gizi pada pupuk tersebut.
    -Penyulama dilakukan secepat mungkin apabila sudah tau gejala tanaman yg mati, supaya tanaman segera tumbuh serentak. Klau telat penyulaman biasanya tanaman tidak maksimal pertumbuhanya.
     -Pembubuhan/ ripuh dilakukan untuk meperkuat batang pohon jagung , hingga disela sela terbentuk parit untukmempermudahkan pengairan.
    -Pengairan bisa dilakukan seminggu sekali tergantung cuaca atau kelembapan pada tanah. Jangan sampai pengairan telat supaya tanaman tidak layu’
     
           -5 Pengendahalian hama dan penyakit pada budidaya tanam tagung
Hama yang terdapat pada tanaman jagung  -ulat daun, ulat tongkol, lalat bibit hama lundi pengendalianya dengan penyemprotan insektisida.
Penyakit yg terdapat pada tanaman jagung biasanya jamur, kutu bulai bercak ungu, pengendalianya dengan menyemprotkan fungisida.

       -6 Panen ,cirri cirri jagung siap panen  kilit jagung berubah warna dari hijau menjadi putih, daun mulai menguning biji padat berisi penuh dank eras. Panen bisa langsung petik dan pengeringan/ penjemuran ditempat yg sudah tersedia. Atau dengan cara pemetikan  setelah jagung kering dibatang pohon jagungg caranya kitakupas kulit jagung di tempat, dan pankas daun danbatang  diatas biji jagung agar terkena sinar matahari . Setelah biji jagung bener bener kering petik dan siap untuk dip roses pemipilan selanjutnya.

Terimakasih telah membaca artikel budidaya tanam jagung yang sederhana ini semoga bermanfaat dan berkah


Demikianlah Artikel Budidaya Tanam Jagung

Sekianlah artikel Budidaya Tanam Jagung kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidaya Tanam Jagung dengan alamat link https://pertanianpadi99.blogspot.com/2016/03/budidaya-tanam-jagung.html

0 Response to "Budidaya Tanam Jagung"

Posting Komentar