PERTANIAN PADI

Info seputar pertanian padi
---------------------------------------------------------------------------------------------
TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.

Hubungi Kami
Untuk pemesanan produk karung plastik hubungi kami:
♦ SMS/Call/WA: 0852 3392 5564 - 081 2325 84950 - 0877 0282 1277
♦ Phone: 031-8830487
♦ Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Bawang Merah

Budidaya Bawang Merah - Hallo sahabat Pertanian Padi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidaya Bawang Merah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara bertani, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidaya Bawang Merah
link : Budidaya Bawang Merah

Baca juga


Budidaya Bawang Merah



                                                   BUDIDA TANAM BAWANG MERAH 
Budi daya tanam bawang merah[holtikultura] memang jadi handalan para petani karena hasil yang didapatkan sangat baik walaupun kadang kalau musim panen raya kadang cenderung harga penjualan turun. tapi akan baiknya tanan bawang merahnya diluar musim dari kebiasaan tanam. Contohnya di bulan januari/ februari,  karena kalau kita tanam  diluar musim dari biasanya kita dapatkan harga yang maksimal. Walaupun kadang banyak tantangan dari hama, cuaca apalagi dimusim hujan. Tanaman bawang merah biasanya  tidak kebal dari curah hujan. Tanaman bawang merah sbenarnya sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup. Bawang merah sangat banyak ragam atau jenisnya yakni; crok, local, biru, tiron dan lain lain. Diantara jenis itu yg paling gak tahan hujan adalah jenis bawang merah Biru ,namun umur panen paling cepet 50-60hari. Tapi yang lain bias nyampai umur 60-70 hari.

Kali ini kita ingin mencoba berbagi pengalaman tentang cara tanam bawang merah yang sangat sederhana. Untuk tanam bawang merah yang baik  tanah ber PH 5-7.Bibit umbi yang baik akan ditanam diharuskan dari penyimpanan kurang lbih 2bulan atau 3bulan atau lebih. Langkah- langkah yang kita lakukan untuk mulai tanam bawang merah adalah:

1-Persiapan/ pengolahan tanah
2-Pemupuan dasar
3-Penanaman
4-Perawatan
5-Pemupuan susulan
6-Pengendalian hama

1-Pengolahan tanah kita lakukan dengan membagi menjadi beberapa bedengan dengan ukuran 80cm-100cm. Disela bedengan dibuat parit atau got yang berfungsi sebagai presapan ata bias juga untuk pengairan untuk libih mudah dalam penyiraman. Parit/ got brukuran lebar kurang lebih40cm dan dalam mminimal40cm. Setelah terbentuk bedengan dilakukan pengemburan atau cacahan , sehinga bedengan menjadi rata dan rapih.

2-Pemupuan dasaran: Sebelum di lakukan pemupuan dasaran alangkah baiknya kita tabor dolomite [kapur mati]. Dolomite br guna untuk menetralkan keasaman tanah, dan mengurangi dari resiko kena jamur.Selanjutnya baru pembrian pupuk dasar dengan pemberian pupuk kandang 1hektar memerlukan 10-15ton dan kita tabur sampai rata. Pemupukan organic dilakukan untuk mencegah dari kepadatan tanah. Setelah pemupukan organic dilakukan pemupukan non organic ,Urea,ZA, SP-36, KCL sebanya k47kg, 100kg, 310kg dan57kg.

3-Penanaman: sbelum penanaman yang dilakukan penyiraman terlebih dahulu berfungsi untuk melarutkan pupuk dasar kedalam tanah dan tidak trkena langsung pada pori tumbuhnya akar. Bibit umbi yang di tanam harus benar benar brkualitas baik. Bibit yang baik umur dari cabut minimal 3bulan pabila kurang dari umur 3bulan bibit umbi harus di tiris seper 4nya pada pucuk umbi. Setlah penirisan siap tanam, umbi bawang kita tanam dalam 0,5cm. jarak minimal 20cm persegi.

4-Perawatan: budidaya tanam bawang merah memang harus melakukan prawatan rutin trutama dalam  penyiraman. Penyiraman dilakukan sehari 2 kali untuk mencukupi kelembapan tanah. Yang paling penting juga harus rajin rajin membersihkan gulma atau rumput liar. Kalau sampai telat akan memperlambat pertumbuhan.

5-Pemupuan susulan: pemupuan susulan dilakukan 2 kali dalam masa pertumbuhan, yakni pada umur15 hari untuk yang prtama. Yang ke dua pada umur tanam 30 hari. Yang partama cukup urea 90kg, ZA200kg KCL 115 per hiktar. Pemupuan susulan yang ke dua urea 45kg, ZA 100kg, dan KCL 58kg perhiktar.

6-Pengen dalian hama: PHP[Pengendalian Hama dan Penyakit] sangatlah banyak hama dan panyakit yang terdapat pada tanaman bawang merah. JAMUR FUSARIUM  disbabkan karena cendawan pencegahan dengan semprot fungisida. TROTOL/ bercak pada daun. Yang paling bahaya adalah serangan ulat grayak [sepodaptera sp] pencgahan dengan semprot INSEKTISIDA.

PANEN: panen dilakukan apabila tanaman bawang merah sidah mencukupi umur kurang lebih 60-70 hari, atau dengan cirri daun mulai menguning dan rebah 90%.
PENYIMPANAN BIBIT: Penyimpanan bibit harus bener bener  umbi kering. Pengeringan umbi memakan waktu 14 hari sehabis cabut. DAlam waktu 2 hari dilakukan pembalikan. Bawang merah yang sudah kering  di ikat untuk pengantungan  supaya tidak lembab.  Dari sisa penyimpanan di potong daun kering nya dan siap dijual kepasaran.

                        terimakasih teleh membaca artikel cara budidaya tanam bawang merah
                                                            semoga bermanfaat & berkah
                                                                         AMIN


Demikianlah Artikel Budidaya Bawang Merah

Sekianlah artikel Budidaya Bawang Merah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidaya Bawang Merah dengan alamat link https://pertanianpadi99.blogspot.com/2016/02/budidaya-bawang-merah.html

0 Response to "Budidaya Bawang Merah"

Posting Komentar