PERTANIAN PADI

Info seputar pertanian padi
---------------------------------------------------------------------------------------------
TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.

Hubungi Kami
Untuk pemesanan produk karung plastik hubungi kami:
♦ SMS/Call/WA: 0852 3392 5564 - 081 2325 84950 - 0877 0282 1277
♦ Phone: 031-8830487
♦ Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya tanam bawang putih

Budidaya tanam bawang putih - Hallo sahabat Pertanian Padi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidaya tanam bawang putih, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara bertani, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidaya tanam bawang putih
link : Budidaya tanam bawang putih

Baca juga


Budidaya tanam bawang putih

                                                 BUDIDAYA TANAM BAWANG PUTIH
Budidaya tanam bawang putih atau bawang merah adalah andalan para petani. Dikarenakan harga atau hasil panen yang cukup lumayan. Bawang putih juga bisa di jadikan salah satu obat alternatif. selain digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi juga bisa diguna untuk obat sakit gigi, rematik dan lain lain.
Bawang putih sangat banyak verietas atau jenisnya, seprti juga bawang merah.

Demikian cara cara Budidaya tanam bawang putih;-
1-Persiapan lahan/area
2-Pemupukan dasar organik & non organik
3-Pengairan

4-Penanaman
5-Pemupukan susulan /tambahan
6-Pemeliharaan
7-Pegendalian hama [OPT]
8-Panen
 
Unsur tanah yg baik untuk tanam bawang putih yaitu dengan kelembapan PH 5-7
1- Persiapan lahan;
Langkah awal tanah harus di geburkan terlebih dahulu dangan cara memakai traktor atau manual [cangkul]  Setelah penggemburan tanah kita lakukan pembagian menjadi beberapa bedengan. Lebar bedengan minimal 80cm-100cm. diselah sela bedenga kita bentuk parit dengan kedalaman minimal 30cm lebar parit minimal 40cm. Parit bisa berguna sebagai peresapan atau bisa bergunauntuk pengairan.

2-pemupukan dasar organik;
Setelah pembedengan rata kita tebar pupuk organik atau pupuk kandang sampai rata. pupuk organik yg dibutuhkan per hektar 10-20ton. Kemudian kita tambah pupuk non organik/kimia per hekttar kita menggunakan NPK. N;200kg, P205;180kg, K20;60kg dan ditambah S;145. N[nitrogen] 200kg dapat digunakan 3x pemupukan.

3- Pengairan;
Pengairan  dilakukan setelahpemupukan, berfingsi untuk melarutkan pupuk kedalam tanah, supaya tidak mudah luntur waktu penyiraman ritin, Penyiraman rutin setelah tanam 2x sehari. atau bisa dengan cara penggenangan air pada parit. Pengenangan bisa dilakukan 2/3 hari sekali.

4-Pemupukan susulan/tambahan
Pemupuan sususulan/tambahan kita dapatberikan dengan cara sistim penyemprotan yaitu dingan menggunakan pupuk cair , pupuk daun KCL cair dan lain lain. dapat dilakukan 1-2minggu sekali.


5-Penanaman;
Dalam penanaman akan lebih baiknya kita pilih bibit umbi bawanng putih yang benar benar berkwalitas baik, dan di usahakan umbi yang seragam besar kecilnya, agar waktu awal pertumbuhan serentak.
Bibit umbi yg sudah siap kita tanam dalam 1cm-2cm. untuk bibit setandar yang di butuhkan perhiktar 1600kg-1700kg.

6- Pemeliharaan;
Didalam budidaya tanam bawang putih/bawang merah hampir sama perawatannya. Kebiasaanya ter dapat musuh tanaman ya itu gulma atau rumput. Apa bila kita telat menyiangi atau menyabut rumput, tanaman akan terganggu prtumbuhanya.

7- Pengendalian hama [OPT]
Sering kali orang bisanya tanaman bawang putih sering diserang hama siput [banyak macam siput] dan hama lainya. Kita dapat gunakan fungisida atau insektisida untuk mengatasi hama-hama pada tanaman bawang putih.
8-Panen;
Tanaman bawang putih memang  berumur panjan di banding tanaman bawang marah. jika bawanang merah cukup 60-70hari kalau bawang putih memerlukan  minimal 90hari. Apabila tanaman bawang putih berusia 90 hari lebih sudah siap panen atau cabut. Setelah kita cabut kita jemur dengan cara kita ikat daun  dan kita gantung di tempat yg sudah disediakan. Setelah daun dan kilit kering kita potong dan pisahkan antara daun dan umbi bawang. Siap ke pasaran.

                      Terimakasih telah membaca budidaya tanam bawang putih ini mudah mudahan bermanfaat.



Demikianlah Artikel Budidaya tanam bawang putih

Sekianlah artikel Budidaya tanam bawang putih kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidaya tanam bawang putih dengan alamat link https://pertanianpadi99.blogspot.com/2016/02/budidaya-tanam-bawang-putih.html

0 Response to "Budidaya tanam bawang putih"

Posting Komentar